Kategori: Kolesterol

Rp. 6.000,-
  Diskon 0%
Rp. 6.000,- per- Strip


GEMFIBROZIL 300MG

Komposisi
Tiap kapsul mengandung gemfibrozil 300 mg.
Cara Kerja
Gemfibrozil adalah senyawa yang mampu mengatur lipid plasma, dengan jalan menurunkan kadar trigliserida serum, kolesterol total, kolesterol VLDL (Very Low Density Lipoprotein ), kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Gemfibrozil menurunkan kolesterol VLDL dengan jalan menghambat pembentukan dan meningkatkan pembersihan apolipoprotein B sebagai pembawa VLDL sehingga kadar VLDL berkurang dan meningkatkan kolesterol HDL dengan jalan meningkatkan subtraksi HDL2 dan HDL3 serta apolipoprotein AI dan AII.
Kadar kolesterol HDL yang rendah dan kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor yang mendukung timbulnya penyakit jantung, dan Helsinki Heart Study menunjukkan terapi dengan gemfibrozil menurunkan secara nyata kadar kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida total serta meningkatkan kolesterol HDL.
Indikasi
Gemfibrozil diindikasikan untuk :
Pengobatan hiperkolesterolemia.
Mencegah resiko timbulnya penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.
Pengobatan hipertrigliseridemia (hiperlipidemia tipe IV dan V) yang berpotensi menimbulkan pankreatitis.
Pengobatan dislipidemia, khususnya untuk abnormalitas lipoprotein.
Dosis

  • Dosis yang dianjurkan untuk dewasa 1200 mg dalam dosis terbagi 2, diberikan pada 30 menit sebelum makan pagi dan makan malam.

Efek Samping
Efek pada gastrointestinal seperti nyeri abdomen, apendisitis akut, dispepsia, dan reaksi yang lain jarang terjadi.
Efek pada sistem syaraf pusat, seperti pusing, somnolens, gangguan penglihatan, parestesia, depresi, neuritis perifer dan libido berkurang.
Efek pada sistem hematologi, seperti penurunan nilai hemoglobin, hematokrit dan leukosit.
Efek samping lainnya seperti ruam, dermatitis, pruritus, urtikaria, angioedema, edema laringeal dan miastenia. Sangat jarang dilaporkan peningkatan tes fungsi hati (SGOT, SGPT) dengan pemberian gemfibrozil. Setelah pengobatan dengan gemfibrozil, tes fungsi hati akan kembali normal pada sejumlah besar penderita.
Penanganan dosis berlebihan :
Meskipun belum pernah dilaporkan akibat dosis berlebihan, namun bila terjadi hendaknya diberikan pengobatan simptomatik.
Kontraindikasi
Penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat, penyakit kandung empedu dan penderita yang hipersensitif terhadap gemfibrozil.
Interaksi Obat
Kombinasi dengan lovastatin dan penghambat HMG-CoA reduktase dapat menimbulkan rabdomiolisis dan miositis.
Penggunaannya dengan antikoagulan, dosis antikoagulan harus dikurangi untuk mempertahankan waktu protrombin pada tingkat yang diinginkan sehingga mencegah terjadinya komplikasi pendarahan.
Cara Penyimpanan
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari sinar matahari.
Perhatian
Sebelum pengobatan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan adanya abnormalitas kadar lipid serum.
Selama pengobatan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara periodik terhadap kadar lipid serum, dan pemeriksaan fungsi hati dan terapi gemfibrozil agar dihentikan bila terjadi abnormalitas yang menetap.
Pada wanita hamil dan menyusui, penggunaan obat ini harus memperhitungkan resikonya pada bayi yang sedang menyusui.
Pada anak-anak keamanannya belum diketahui dengan jelas.
Gemfibrozil dapat meningkatkan ekskresi kolesterol ke dalam kandung empedu. Meskipun demikian pada Helsinki Heart Study, gemfibrozil tidak berbeda secara bermakna dengan plasebo dalam meningkatkan tindakan operasi kandung empedu.
Bila setelah 3 bulan tidak didapatkan penurunan kadar lipid plasma yang memadai maka pemberian gemfibrozil agar dihentikan.
Kemasan     : Kotak 10 blister @ 12 kapsul

No. Registrasi     : GKL9620919904A1

PABRIK : INDOFARMA

• HARGA BLM DISC: Rp. 6.000,-
• DISC: 0%
• HARGA: Rp. 6.000,-
• STOK: 50 Strip


Produk Lainnya


  Rp. 12.100,-per- Dus

  Rp. 25.000,-per- Tube

  Rp. 5.610,-per- Strip

  Rp. 6.500,-per- Tube